P-51 Mustang, Si coror mrah yg legendaris



          Berbicara tentang P-51 Mustang , memang tidak ada lawanya.  Dibuat 15.586, pesawat tempur P-51 Mustang sulit dicari sainganya. Pernah dimiliki paling sedikit 55 negara, si cocor merah tidak ada tandinganya.
          Bermula pada bula Mei 1940 ketika royal Air Force inggris meminta north american untuk memproduksi sebuah epsawat dibawah lisensi curtis P-40. Diluar perkiraan, pabrik pesawat AS yg kala itu belu dikenal  malah menawarkan pesawat tempur yg lebih cepat, dapat membawa pesawat terbang walau menggunakan mesin yg sama dengan P-40, Allison V1710. Istimewanya lagi, North American mampu menyelesaikan prototipe pesawat yg mereka tawarkan dalam waktu empat bulan (tepatnya 117 hari), untuk kemudian menjadi salah satu pesawat tempur terbaik dunia.
          Terbang pertama pada tanggal 26 Oktber 1940, pesawat yg dibuat untuk ememnuhi pesanan RAF ini mulai memasuki jajaran Operasional april 1942. Tetapi ternyata, walau kecepatanya bisa mencapai 390 Mil per jam, mustang dengan mesin Allison V1710 ini hanya bisa menujukan kinerja terbaiknya sampai ketinggian 4600 m. mesinya tidak dapat diperlakukan kasar untuk kelincahan pesawat penyergap. Oleh sebab itu RAF menggunakannya hanya untuk pengerangan darat dan pengintaian taktis.
          Adalah Atase pertahanan AS di London, kolonel Thomas Hitchtcock yg mendorong mustang agar dibuat dengan mesin baru.  Merlin buatan Rolls-Royce agar dapat dijadikan pesawat tempur jarak jauh. Keberhasilan V-1650-7 menambah kecepatan mustang sampai 400 Mp/h pada ketinggian 10 km, mendorong lahirnya berbagai versi mustang. Pesawat yg dilengkapi dengan senjata 50 inchi dan mampi membawa 10.000 ton bom ini, berkembang menjadi persawat tempur jarak terbang maksimum 1.170 mil, dengan batas ketinggian 41.900 kaki. Tetapu yg paling terkenal versi P-51D yg dilengkapi dengan kanopi bubble  itu (bentangan sayap 37 kaki dengan panjang 33 kaki). Versi yg baru muncul tahu 1944 di medan perang eropa dan pasifik 9145. P-51 inilah yg mengawal B-29 memasuki udara tokyo pertama kali, sehingga prang dunia II mungkin brakhir lebih cepat sekiranya mustang dapat menghadapi Zero lebih  dini.
          Karena hidungya di gambar mulut hiu mengaga dengan gigi dan gusinya yg garang, tidak tahu namanya masyarakat awam indonesia manamai “cocor merah”. Pesawat inilah disamping B-25 dan C-47 yg banyak berperan dalam penumpasan PRRI dan Permesta. Pesawat yg pernah digunakan dalam operasi Trikora. Bergitu terkenalnya mustang di dunia, sehingga sampai sekarang pun P51 yg sudah dijadikan monumen di indonesia masih diincar kolektor asing

0 comments: