Ini dia kelebihan F-16 Fighting Falcon


Pesawat tempur geneasi kedua jenis A4 skyhawk yg pertama di buat di tahun 60-an. Namun pada masa kini, pesawatyang dulu dikenal kini bisa pesawat tempur yg canggih.
Dibandingkan pesawat-pesawat generasi kedua atau ketiga pada umumnya, maka teknologi F-16 yang generasi keempat itu memang sudah melesat jauh. F-16 adaah pesawat tempur yang menggunakan system computer pada system kemudinya, pada peralatan avionic tempurnya, pada system persenjatanya, system pengereman, system pengereman, system monitor, kreja mesin, dan system kursi lontar penyelamat pilotnya
Boleh dikata F-16 terbang dengan FBW (flying by wire). Karena menggunakan FBW itu maka bentuk tongkat kemudinya pun berbeda: pendek dan lekatnya di samping kanan penerbang. Karena menggunakan FBW itu, maka gereakan kemudi itu pun tidak sebanyak gerakan kemudi pada pesawat2 generasi sebelumnya. Orang boleh mengatakan system kemudi F-16 serba otomatis. System FBW pada control kemudi, rem dan pasasut penghambat pendaratan, menyebabkan pesawat F-16 dibekali dg enam system tenaga listrik yg menjamin system tersebut tetap berfungsi dg baik.
Pesawat F-16 dilengkapi peralatan avoionik untuk penyerangan. Ada yg disebut fire control radar, yaitu radar yg mengatur ketepatan bernavigasi dan menemukan sasaran. Di sampung itu F-16 juga dilengkpi INS,internal navigation system, peralatan navigasi yg boleh dikatakan selalu menemukan sasaran tidak pernah meleset.Peralatan avionic untuk penyerangan dilengkapi pula suatu alat monitor yg mengetahui macam2 amunisi yg di bawa di samping pula system penembakan yg bekerja secara otomatis.
System rem yg menggunakan BW anak menghsilkan system anti skid  sehingga kemungkinan adanya percah ban dapat dihindari. Ada lagi suatu system rem dg menginjak pedal rudder. Gerakan mekanik ini kemudian diubah menjadi sinyal elektronik yg menebabkan system rem bekerja secara otomatis. Dengan adanya system pegontrol elektronik terhadap mesin pesawat, maka kelancaran aliran bahan bakar, pembkaranya sendiri sampai dengan pengaturan bilah2 kompresornya dapat di monitor.

Pada pesawat F-16, system kursi lontar pun dapat disetel sesuai kecepatan dan ketinggian terbang. Ada tiga cara, yaitu pada saat terbang pada kecepatan dan ketinggian rendah . terbang dengan kecepatan tinggi namun pada ketinggian yg rendah dan terbang dg kecepatan tinggi dan ketinggian yg tinggi pula. F-16 sebagai pesawat multirole generasi keempat memiliki kelebihan2 dibanding pesawat2 tempur generasi sebelumnya. Pesawat yg sudah diekali 6 sistem listrik, masih dilengkapi emergency power unit (EPU) dengan memakai Hydrazine  yg bekerja secara ototmatis bila system listrik dan system hidroliknya tidak berfungsi secara baik.

0 comments: