Pesawat tempur geneasi kedua jenis A4 skyhawk
yg pertama di buat di tahun 60-an. Namun pada masa kini, pesawatyang dulu
dikenal kini bisa pesawat tempur yg canggih.
Dibandingkan pesawat-pesawat generasi kedua atau ketiga pada umumnya, maka
teknologi F-16 yang generasi keempat itu memang sudah melesat jauh. F-16 adaah
pesawat tempur yang menggunakan system computer pada system kemudinya, pada
peralatan avionic tempurnya, pada system persenjatanya, system pengereman, system
pengereman, system monitor, kreja mesin, dan system kursi lontar penyelamat
pilotnya
Boleh dikata F-16 terbang dengan FBW (flying
by wire). Karena menggunakan FBW itu maka bentuk tongkat kemudinya pun
berbeda: pendek dan lekatnya di samping kanan penerbang. Karena menggunakan FBW
itu, maka gereakan kemudi itu pun
tidak sebanyak gerakan kemudi pada pesawat2 generasi sebelumnya. Orang boleh
mengatakan system kemudi F-16 serba otomatis. System FBW pada control kemudi,
rem dan pasasut penghambat pendaratan, menyebabkan pesawat F-16 dibekali dg
enam system tenaga listrik yg menjamin system tersebut tetap berfungsi dg baik.
Pesawat F-16 dilengkapi peralatan avoionik
untuk penyerangan. Ada yg disebut fire
control radar, yaitu radar yg mengatur ketepatan bernavigasi dan menemukan
sasaran. Di sampung itu F-16 juga dilengkpi INS,internal navigation system, peralatan navigasi yg boleh dikatakan
selalu menemukan sasaran tidak pernah meleset.Peralatan avionic untuk
penyerangan dilengkapi pula suatu alat monitor yg mengetahui macam2 amunisi yg
di bawa di samping pula system penembakan yg bekerja secara otomatis.
System rem yg menggunakan BW
anak menghsilkan system anti skid sehingga kemungkinan adanya percah ban dapat
dihindari. Ada lagi suatu system rem dg menginjak pedal rudder. Gerakan mekanik ini kemudian diubah menjadi sinyal
elektronik yg menebabkan system rem bekerja secara otomatis. Dengan adanya
system pegontrol elektronik terhadap mesin pesawat, maka kelancaran aliran
bahan bakar, pembkaranya sendiri sampai dengan pengaturan bilah2 kompresornya
dapat di monitor.
Pada pesawat F-16, system kursi
lontar pun dapat disetel sesuai kecepatan dan ketinggian terbang. Ada tiga
cara, yaitu pada saat terbang pada kecepatan dan ketinggian rendah . terbang dengan kecepatan tinggi namun pada
ketinggian yg rendah dan terbang dg kecepatan tinggi dan ketinggian yg tinggi
pula. F-16 sebagai pesawat multirole generasi keempat memiliki kelebihan2
dibanding pesawat2 tempur generasi sebelumnya. Pesawat yg sudah diekali 6 sistem
listrik, masih dilengkapi emergency power
unit (EPU) dengan memakai Hydrazine yg bekerja secara ototmatis bila system
listrik dan system hidroliknya tidak berfungsi secara baik.
0 comments:
Post a Comment